Pola Makan Sehat Untuk Diet

Membiasakan diri untuk hidup sehat sedari dini, itulah yang harus kita tanamkan sebagai langkah menjaga kesehatan tubuh. Selain dapat menghindarkan dari berbagai macam penyakit, dengan melakukan pola makan sehat juga tentunya juga akan menjaga berat badan kita agar tetap stabil. Karena banyak kasus masyarakat modern ini yang mengalami obesitas sehingga rentang dengan resiko berbagai penyakit serius. Maka dari itu, sangat penting menjaga pola makan sebagai gaya hidup sehat sehari-hari.

Pola Makan Sehat Untuk Diet


Dalam hal ini, yang penting dan harus anda lakukan adalah mengatur pola makan sehat dan juga benar. Anda tak perlu menghindari jenis makanan tertentu untuk menjamin pola makan sehat anda, karena yang harusnya anda lakukan adalah membatasi porsinya. Seperti yang terdapat dalam satu panduan diet pola makan food combining. Menurut sebagian orang yang telah melakukannya, pola makan untuk hidup sehat ini merupakan pola makan yang mudah diikuti, karena anda diperbolehkan makanan apapun dengan aturan yang sesuai.

Mengikuti pola makan kombinasi makanan serasi tersebut, anda tidak boleh menggabungkan jenis protein dengan zat pati. Yang mana zat pati ini terdapat dalam makanan berat seperti kentang, nasi dan juga roti, sedangkan protein terdapat dalam daging, susu, tahu, tempe, ikan, telur dan ayam. Namun ada pengecualian dalam pola makan sehat ini karena untuk tahu dan tempe, meski makanan tersebut mengandung protein nabati, tapi anda boleh mengkonsumsinya bersama zat pati atau nasi. Ini dikarenakan protein yang terdapat dalam tahu dan tempe sudah terurai oleh proses pembuatannya.


Lalu bagaimana penerapan dalam diet ini? Cukup mudah karena ketika anda ingin mengkonsumsi nasi, anda bisa mengkombinasikan pola makan sehat ini dengan sayuran yang ditumis, misalnya kangkung, bayam, jamur dan lain sebagainya. Sebagai lauk, anda bisa menambahkan tahu atau tempe goreng. Namun bila anda menginginkan makanan dari protein, sebaiknya jangan mengkombinasikan dengan zat pati, melainkan dengan sayuran. Ini karena setiap makanan memiliki jatah cerna sendiri-sendiri sehingga jika dicerna dalam bersamaan justru akan menjadikan seseorang rentan terkena penyakit.

Demikianlah artikel tentang Pola makan Sehat untuk diet, semoga bermanfaat untuk anda. Baca artikel lain tentang kesehatan disini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »